SOAL
1.
Sebutkan unsur – unsur TQM?
Jawab
:
Ø Fokus pada pelanggan.
Ø Obsesi terhadap kualitas.
Ø Pendekatan ilmiah.
Ø Komitmen jangka panjang.
Ø Kerja sama tim.
Ø Perbaikan sistem secara berkesinambungan.
Ø Pendidikan dan pelatihan.
Ø Kebebasan yang terkendali.
Ø Kesatuan tujuan.
Ø Adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan
2.
Sebut dan jelaskan
macam – macam prinsip TQM
Jawab :
a)
Program TQM harus
didasarkan pada kesadaran akan kualitas dan berorientasi pada kualitas dalam
semua kegiatannya sepanjang program, termasuk dalam setiap proses dan produk.
b)
Program TQM harus
mempunyai sifat kemanusiaan yang kuat dalam memberlakukan karyawan,
mengikutsertakannya, dan memberinya inspirasi.
c)
Progran TQM harus
didasarkan pada pendekatan desentralisasi yang memberikan wewenang disemua
tingkat, terutama di garis depan, sehingga antusiasme keterlibatan dan tujuan
bersama menjadi kenyataan.
d)
Program TQM harus
diterapkan secara menyeluruh sehingga semua prinsip, kebijaksanaan, dan
kebiasaan mencapai setiap sudut dan celah organisasi.
3.
Sebutkan 5 pilar TQM
dan manakah yang paling di utamakan?
Jawab :
1) Produk
2) Proses
3) Organisasi
4) Pemimpin
5) Komitmen
2) Proses
3) Organisasi
4) Pemimpin
5) Komitmen
Produk adalah titik pusat untuk tujuan dan pencapaian
organisasi
4.
Jelaskan secara singkat sejarah perkembangan TQM?
Jawab : Sistem Manajemen mutu terpadu
atau biasa disebut juga ‘Total Quality Management’ adalah merupakan kombinasi
dari ajaran-ajaran tentang mutu seperti Prederick W Taylor (1856-1915) dalam
bukunya The Principal of Scientific Management, Walter A Shewhart (1891-1967),
W Edward Deming, ataupun Juran melalui Trilogi Juran (Quality Planning, Quality
Control, Quality Improvement) serta konsep Prof. Philip Kotler ‘The marketing
approach’ yang didasarkan bahwa tujuan bisnis dari suatu organisasi dapat
dicapai melalui pemberian kepuasaan yang menyeluruh, lengkap (complete
satisfaction) kepada pengguna akhir atau custeme
5.
Jelaskan perbedaan TQM
dengan ilmu manajemen lainya menurut Menurut Fandy Tjiptono & Anastasia
Diana
Jawab : Ada empat perbedaan pokok
antara TQM dengan manajemen lainya yaitu :
• Pertama, asal intelektualnnya yaitu sebagian besar teori dan teknik manajemen berasal dari ilmu sosial. Ilmu mikro merupaka dasar dari sebagian besar teknik-teknik manajemen keuangan dan ilmu psikologi mendasari teknik-teknik pemasaran. Sementara dasar teoritis TQM adalah statistika yang berhubungan dengan sampling dan analisis varians.
• Pertama, asal intelektualnnya yaitu sebagian besar teori dan teknik manajemen berasal dari ilmu sosial. Ilmu mikro merupaka dasar dari sebagian besar teknik-teknik manajemen keuangan dan ilmu psikologi mendasari teknik-teknik pemasaran. Sementara dasar teoritis TQM adalah statistika yang berhubungan dengan sampling dan analisis varians.
• Kedua, sumber inovasinya bila
sebagian besar teknik manajemen berasal dari sekilah bisnis dan perusahaan
konsultan maka inovasi TQM berasal dari para pionir yang berasal dari teknik
industry dan ahli fisika.
• Ketiga, asal kelahiranya kebanyakan
konsep manajeman berasal dari amerika serikat kemudian berkembang ke seluruh
dunia tetapi TQM lahir di Amerika tetapi banyak dikembangkan di Jepang dan
Negara Eropa.
• Keempat, proses diseminasi atau
penyebaran manajemen modern bersifat hirarkis dan top-down yang mempeloporinya
adalah General Electrics, IBM, General Motors. Sedangkan TQM lebih bersifat
bottom up, penggerak utamanya adalah CEO dengan dimotori perusahaan kecil.
6.
Apakah hubungan antara
JIT dan TQM?
Jawab :
Untuk mengimplementasikan JIT
diperlukan adanya sistem total quality secara keseluruhan dalam organisasi. JIT
mensyaratkan semua departemen dapat menanggapi kebutuhan-kebutuhannya. Apabila
departemen produksi melaksanakan JIT, tetapi organisasi secara keseluruhan
tidak mengupayakan TQM, maka personil departemen produksi akan menghadapi
hambatan yang besar. Selain itu JIT juga mensyaratkan perubahan, sehingga
sering kali timbul penolakan dari departemen uang memiliki komitmen untuk
berubah. Kaizen atau perbaikan secara terus menerus selalu beriringan dengan
Total Quality Management (TQM). Bahkan sebelum filosofi TQM ini terlaksana atau
sebelum sistem mutu dapat dilaksanakan dalam suatu perusahaan maka filosofi ini
tidak akan dapat dilaksanakan sehingga perbaikan secara terus menerus (Kaizen)
ini adalah usaha yang melekat pada filosofi TQM itu sendiri. Sehingga Kaizen
bisa juga merupakan suatu kesatuan pandangan yang komprehensif dan
terintegrasi.
7.
Sebutkan pengertian dari
istilah dibawah ini :
a.
Iso 9000
b.
Iso 9001
c.
Iso 9004
Jawab :
a. ISO 9000 - Quality
Management Systems - Fundamentals and Vocabulary: mencakup dasar-dasar
sistem manajemen kualitas dan spesifikasi terminologi dari
Sistem Manajemen Mutu (SMM).
b. ISO 9001 - Quality
Management Systems - Requirements: ditujukan untuk digunakan di organisasi
manapun yang merancang, membangun, memproduksi, memasang dan/atau melayani
produk apapun atau memberikan bentuk jasa apapun. Standar ini memberikan daftar
persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah organisasi apabila mereka hendak
memperoleh kepuasanpelanggan sebagai hasil dari barang dan
jasa yang secara konsisten memenuhi permintaan pelanggan tersebut. Implementasi
standar ini adalah satu-satunya yang bisa diberikan sertifikasi oleh pihak
ketiga.
c. ISO 9004 - Quality
Management Systems - Guidelines for Performance Improvements: mencakup
perihal perbaikan sistem yang terus-menerus. Bagian ini memberikan masukan
tentang apa yang bisa dilakukan untuk mengembangkan sistem yang telah terbentuk
lama. Standar ini tidaklah ditujukan sebagai panduan untuk implementasi, hanya
memberikan masukan saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar