Halaman

Rabu, 01 Agustus 2012

tanya jawab Total Quality Management (TQM)



SOAL
1.      Sebutkan unsur – unsur TQM?

Jawab :
Ø  Fokus pada pelanggan.
Ø  Obsesi terhadap kualitas.
Ø  Pendekatan ilmiah.
Ø  Komitmen jangka panjang.
Ø  Kerja sama tim.
Ø  Perbaikan sistem secara berkesinambungan.
Ø  Pendidikan dan pelatihan.
Ø  Kebebasan yang terkendali.
Ø  Kesatuan tujuan.
Ø  Adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan

2.      Sebut dan jelaskan macam – macam prinsip TQM

Jawab :
a)              Program TQM harus didasarkan pada kesadaran akan kualitas dan berorientasi pada kualitas dalam semua kegiatannya sepanjang program, termasuk dalam setiap proses dan produk.
b)              Program TQM harus mempunyai sifat kemanusiaan yang kuat dalam memberlakukan karyawan, mengikutsertakannya, dan memberinya inspirasi.
c)              Progran TQM harus didasarkan pada pendekatan desentralisasi yang memberikan wewenang disemua tingkat, terutama di garis depan, sehingga antusiasme keterlibatan dan tujuan bersama menjadi kenyataan.
d)             Program TQM harus diterapkan secara menyeluruh sehingga semua prinsip, kebijaksanaan, dan kebiasaan mencapai setiap sudut dan celah organisasi.







3.      Sebutkan 5 pilar TQM dan manakah yang paling di utamakan?

Jawab :
1)     Produk
2)     Proses
3)     Organisasi
4)     Pemimpin
5)     Komitmen
Produk adalah titik pusat untuk tujuan dan pencapaian organisasi
4.      Jelaskan secara singkat sejarah perkembangan TQM?
Jawab : Sistem Manajemen mutu terpadu atau biasa disebut juga ‘Total Quality Management’ adalah merupakan kombinasi dari ajaran-ajaran tentang mutu seperti Prederick W Taylor (1856-1915) dalam bukunya The Principal of Scientific Management, Walter A Shewhart (1891-1967), W Edward Deming, ataupun Juran melalui Trilogi Juran (Quality Planning, Quality Control, Quality Improvement) serta konsep Prof. Philip Kotler ‘The marketing approach’ yang didasarkan bahwa tujuan bisnis dari suatu organisasi dapat dicapai melalui pemberian kepuasaan yang menyeluruh, lengkap (complete satisfaction) kepada pengguna akhir atau custeme
5.      Jelaskan perbedaan TQM dengan ilmu manajemen lainya menurut Menurut Fandy Tjiptono & Anastasia Diana
Jawab : Ada empat perbedaan pokok antara TQM dengan manajemen lainya yaitu :
            • Pertama, asal intelektualnnya yaitu sebagian besar teori dan teknik manajemen berasal dari ilmu sosial. Ilmu mikro merupaka dasar dari sebagian besar teknik-teknik manajemen keuangan dan ilmu psikologi mendasari teknik-teknik pemasaran. Sementara dasar teoritis TQM adalah statistika yang berhubungan dengan sampling dan analisis varians.
• Kedua, sumber inovasinya bila sebagian besar teknik manajemen berasal dari sekilah bisnis dan perusahaan konsultan maka inovasi TQM berasal dari para pionir yang berasal dari teknik industry dan ahli fisika.
• Ketiga, asal kelahiranya kebanyakan konsep manajeman berasal dari amerika serikat kemudian berkembang ke seluruh dunia tetapi TQM lahir di Amerika tetapi banyak dikembangkan di Jepang dan Negara Eropa.
• Keempat, proses diseminasi atau penyebaran manajemen modern bersifat hirarkis dan top-down yang mempeloporinya adalah General Electrics, IBM, General Motors. Sedangkan TQM lebih bersifat bottom up, penggerak utamanya adalah CEO dengan dimotori perusahaan kecil.
6.      Apakah hubungan antara JIT dan TQM?
Jawab :
Untuk mengimplementasikan JIT diperlukan adanya sistem total quality secara keseluruhan dalam organisasi. JIT mensyaratkan semua departemen dapat menanggapi kebutuhan-kebutuhannya. Apabila departemen produksi melaksanakan JIT, tetapi organisasi secara keseluruhan tidak mengupayakan TQM, maka personil departemen produksi akan menghadapi hambatan yang besar. Selain itu JIT juga mensyaratkan perubahan, sehingga sering kali timbul penolakan dari departemen uang memiliki komitmen untuk berubah. Kaizen atau perbaikan secara terus menerus selalu beriringan dengan Total Quality Management (TQM). Bahkan sebelum filosofi TQM ini terlaksana atau sebelum sistem mutu dapat dilaksanakan dalam suatu perusahaan maka filosofi ini tidak akan dapat dilaksanakan sehingga perbaikan secara terus menerus (Kaizen) ini adalah usaha yang melekat pada filosofi TQM itu sendiri. Sehingga Kaizen bisa juga merupakan suatu kesatuan pandangan yang komprehensif dan terintegrasi.






7.      Sebutkan pengertian dari istilah dibawah ini :
a.       Iso 9000
b.      Iso 9001
c.       Iso 9004
Jawab :
a.       ISO 9000 - Quality Management Systems - Fundamentals and Vocabulary: mencakup dasar-dasar sistem manajemen kualitas dan spesifikasi terminologi dari Sistem Manajemen Mutu (SMM).

b.      ISO 9001 - Quality Management Systems - Requirements: ditujukan untuk digunakan di organisasi manapun yang merancang, membangun, memproduksi, memasang dan/atau melayani produk apapun atau memberikan bentuk jasa apapun. Standar ini memberikan daftar persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah organisasi apabila mereka hendak memperoleh kepuasanpelanggan sebagai hasil dari barang dan jasa yang secara konsisten memenuhi permintaan pelanggan tersebut. Implementasi standar ini adalah satu-satunya yang bisa diberikan sertifikasi oleh pihak ketiga.

c.       ISO 9004 - Quality Management Systems - Guidelines for Performance Improvements: mencakup perihal perbaikan sistem yang terus-menerus. Bagian ini memberikan masukan tentang apa yang bisa dilakukan untuk mengembangkan sistem yang telah terbentuk lama. Standar ini tidaklah ditujukan sebagai panduan untuk implementasi, hanya memberikan masukan saja.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar